Beranda > Tak Berkategori > Rekomendasi Blog Tidak Selalu Benar

Rekomendasi Blog Tidak Selalu Benar

Kemajuan internet di masa-masa sekarang ini membuat media internet menjadi sumber informasi yang sangat umum. Salah satu fasilitas di internet yang biasa dipakai orang untuk mencari informasi adalah blog.

Namun, apakah semua blog bisa memberikan informasi yang benar (minimal sesuai dengan yang kita cari)? Ternyata tidak. Sebagai contoh sederhana, saya beberapa hari lalu mencari informasi di internet tentang penginapan/hotel di bandung yang murah, yang tentunya banyak direkomendasikan orang. Nah dari mesin pencari Google, terdapat satu blog yang memuat daftar rekomendasi hotel/penginapan. Akhirnya saya memilih salah satu hotel yang direkomendasikan oleh blog tersebut. Setelah saya datang di hotel tersebut, ternyata jauh dari perkiraan saya. Memang sih harganya relatif murah. Namun dengan harga yang disebutkan, sebenarnya ada hotel lain yang harganya (bahkan) hanya selisih beberapa puluh ribu rupiah namun fasilitasnya jauh lebih bagus dan profesional. Banyak hal yang tidak sesuai dengan harapan saya (ruangan yang terlalu gelap, AC yang kurang terasa, kamar terasa pengap, kamar mandi yang agak kotor, sarapan yang kurang layak, dll). Namun karena waktu itu hari Lebaran dan semua hotel sudah full booked, dengan sangat terpaksa saya menempati hotel tersebut.

Itu hanyalah salah satu contoh. Banyak sekali hal/informasi yang terdapat di blog yang tidak benar, atau mungkin lebih tepatnya kurang sesuai dengan harapan orang yang mencari informasi. Yah, namanya juga blog (berdasarkan pendapat orang yang menulis blog), tentu berbeda dengan situs-situs portal yang relatif bisa dipercaya. Mungkin secara umum forum bisa lebih dipercaya dibanding blog karena di forum semua bisa menulis dan banyak umpan balik secara aktif terhadap topik yang disajikan.

Tentunya tidak semua blog tidak bisa dipercaya. Banyak juga blog yang memang bagus dan memberikan informasi yang sangat berguna. Namun tidak sedikit juga yang blog yang memberikan informasi seadanya dan tidak obyektif. Jika informasi yang disampaikan kurang begitu penting (seperti contoh di atas) ya kurang begitu bermasalah, tapi kalau informasi yang ditampilkan adalah informasi yang penting, mungkin bisa menyesatkan pembacanya.

Contohnya adalah informasi tentang bagaimana pertolongan pertama pada korban luka bakar. Saya kemarin melihat beberapa blog yang merekomendasikan hal yang berbeda dan bertentangan satu sama lain. Atau mungkin blog yang menginformasikan adanya bahaya mengkonsumsi produk tertentu tanpa mencantumkan sumber berita yang terpercaya (mungkin hanya copy paste dari sumber yang lain). Nah, kalau orang membaca informasi tersebut kemudian percaya, maka dia akan menilai negatif produk tersebut (ada kemungkinan menyebarkan informasi ke orang lain juga), padahal belum tentu informasi itu benar.

Jadi, selektiflah dalam memilih informasi dari blog ataupun media lainnya di dunia internet. Semoga blog ini pun bisa bermanfaat bagi pembacanya. Amin…

*my sweet room*

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: