Beranda > Tak Berkategori > Fotografi: Ilmu dan Seni

Fotografi: Ilmu dan Seni

Fotografi itu gampang-gampang susah.

Disebut gampang karena fotografi mempunyai rumus-rumus baku/standar yang berlaku pada parameter-parameter fotografi yang bisa kita pelajari, seperti ISO, bukaan diafragma, kecepatan rana (shutter speed), dan lain-lain. Besaran nilai pada masing-masing parameter tersebut mempunyai efek yang berbeda-beda pada foto yang dihasilkan. Mempelajari ilmu atau teori-teori dalam fotografi akan sangat membantu fotografer pemula ketika dia mengaplikasikan ilmu yang dipelajarinya saat mengabadikan sebuah momen.

Disebut susah karena fotografi adalah sebuah seni, yang tentunya membutuhkan kreativitas, selera seni, insting, dan mungkin emosi juga terlibat di dalamnya. Dengan menguasai ilmu fotografi, fotografer bisa membuat foto yang secara teknis bagus. Tapi tanpa memasukkan unsur seni, mungkin foto yang bagus tersebut terlihat hambar, kurang bisa bercerita, dan tidak bisa membangkitkan mood penikmat foto.

Jadi, jika ingin menjadi fotografer yang handal, seorang pemula fotografi bukan hanya harus terus mengasah ilmu fotografinya, tapi juga harus sekaligus melatih jiwa seninya, dan itu bisa dilakukan dengan sering membaca tutorial, melihat foto-foto fotografer lain beserta review-nya. Dan yang paling penting adalah dengan LATIHAN, LATIHAN, dan LATIHAN.

My sweet room,

Ari S (fotografer pemula/amatir)

Kategori:Tak Berkategori
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: